Sunday, September 13, 2009

Ibu menyusui - tips nenen bayi memberi asi yang baik untuk ibu muda

foto ibu muda cantik menyusui bayiBuat para wanita/cewek atau ibu muda yang baru pertama memiliki bayi atau menyusui dini,mungkin tips nenen ini berguna, yaitu tentang ibu menyusui bayi yang baik dan benar ,yang tujuannya tentu demi kesehatan sang ibu dan bayi dan juga supaya payudara (toket) sang ibu muda tetap terjaga montok seperti ketika masih perawan .

Tips penting atau intinya masalah nenen ini menurut yang diberitahu kepad asaya adalah "sang ibu harus berusaha membuat dirinya se-sehat mungkin, maka bayi pun akan sehat, dan kebalikanya jika ibu tidak sehat maka bayi juga akan sakit akibat dari susu sang ibu yang di minumnya"
toket ibu muda menyusui bayi



Jadi intinya, supaya ibu dan bayi sehat , maka si ibu harus :
- Cukup istirahat
- Cukup makan makanan yang bergizi
Lalu masalah supaya payudara (tetek) ibu tetap terjaga montok tidak kendor gimana, tak lain adalah dengan olah raga, tapi bukan olah raga yang berat-berat, yang di rekomendasikan untuk olahraga ibu muda menyusui ini adalah : jalan-jalan pagi atau fitnes ,masalah fitnes ini biasanya di fitnes center bisa ditanyakan kepada instruktur disana tentang bagai mana latihan yang tepat untuk ibu menyusui , Cara lain untuk masalah menjaga payudara montok dan sekel ini adalah dengan Breast Massage (urut payudara), yang ada di tempat-tempat kecantikan, kalau di jakarta konon di salon-salon kecantikan yang menyediakan layanan facial biasanya juga melayani Breast Massage .

Tambahan masalah tips ibu menyusui bayi ini , berikut saya kutip dari situs kompas untuk para ibu muda yang masih perlu belajar nenen untuk bayi-nya

Sumber:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/20/10404758/inilah.tips.seputar.pemberian

Tips Seputar Pemberian ASI

Sejatinya, memberi asupan ASI pasta melahirkan bisa menjadi sebuah proses yang tidak mudah bagi seorang ibu. Tubuh dan psikologis ibu bisa jadi masih sangat lelah. Oleh karena itu, harus ada dukungan suami. "Dukungan suami untuk memberi ASI eksklusif sangat diperlukan. Itu juga menentukan sukses tidaknya memberikan ASI eksklusif," kata Dokter Mulyadi dari Medizone Clinic.

Jaga makan, jauhi obat pelangsing
Suami disini bisa berperan sebagai partner sang ibu dalam mengurus bayi. Dengan demikian, ibu bisa mempunyai tenaga dan gizi yang cukup untuk memberikan ASI. Agar kuat mengalirkan ASI, seorang ibu juga perlu menjaga pola makannya. Untuk awal-awal bulan, sebaiknya ibu tak terlalu merisaukan perubahan tubuh. Yang penting, asupan gizi untuk bayi cukup. Bila tak mau badan melar terlalu besar, sang ibu bisa mengatur jam makan dan jumlah kalori yang bakal dikonsumsi. Asalkan tetap kenyang.

Yang tak kalah penting, setelah bersalin ada baiknya ibu juga beraktifitas. Tapi, olahraga ringan baru boleh dilakukan setelah enam minggu. Jauhi obat pelangsing karena akan memperburuk kualitas ASI.
ibu menyusuiMakin tegang, makin susah keluar
Banyak orang bilang, proses menyusui akan terjadi secara alamiah. Meski begitu, Dokter Mulyadi dari Medizone Clinic memberi beberapa tips agar ibu bisa sukses memberi ASI untuk bayinya. Pertama, tangan ibu harus bersih. Kedua, ibu harus santai. Kalau sang ibu tegang, ASI akan sulit untuk keluar.





Dokter Mulyadi menyarankan ibu menyusui dengan posisi duduk. Pada hari pertama dan kedua setelah melahirkan, berikan ASI selama 5-10 menit lewat setiap payudara. Pada hari selanjutnya bisa ditambah hingga 15-20 menit untuk setiap payudara. "Secara insting si bayi pasti bisa menemukan puting susu si ibu," kata Susianto, ahli gizi dari Universitas Indonesia

Cara menyusui yang benar adalah puting susu masuk seluruhnya ke dalam mulut bayi. Ini juga salah satu cara mencegah puting susu tidak lecet. Bila bayi sudah kenyang, tekan dagu bayi agar mulut terbuka dan puting susu terlepas. Atau bisa juga dengan cara memasukkan jari kelingking ibu ke dalam mulut bayi. Yang pasti, jangan menarik keluar puting dari mulut bayi secara mendadak.

Konsumsi katuk agar aliran lancar
Kemampuan menyusui setiap ibu itu berbeda-beda. Ada yang kapasitas ASI-nya begitu banyak, ada pula yang hanya sedikit. Bagi mereka yang kandungan ASI-nya sedikit tau perlu risau. Ada beberapa tanaman yang bisa mamcu produksi ASI salah satunya daun katuk.
toket nenen ibu muda cantik dan sexyDaun katuk adalah daun dari jenis tanaman Sauropus adrogynus (L) Merr, famili Europhobiaceae. Sebutan lain daun katuk adalah memata (Melayu), simani (Minangkabau), kebing dan katukan (Jawa) serta kerakur (Madura). Manfaat daun katuk untuk memperbanyak ASI sudah dikuatkan beberapa penelitian. Seperti sat daun katuk diujicobakan ke kambing betina selama 15 hari, produksi susunya meningkat drastis hingga 1,5 kalinya.

Jika ingin alami, sebaiknya daun katuk direbus atau ditumbuk terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tapi di zaman modern seperti saat ini, seperti dalam bentuk minuman sachet dicampur dengan susu, hingga dalam bentuk kapsul atau pil. Harganya juga cukup terjangkau.

2 comments:

Anonymous said...

heuheu goblok dah, tau yg bening aja lu boss

Unknown said...

indah memang
salam