Wednesday, August 26, 2009

Tari pendet malaysia

Mungkin tentang judul di ata tari pendet malaysia bagi kita orang indonesia agak terdengar aneh, karena sejak kita masih SD sudah di ajarakan tentang berbagai kesenian daerah, dan kita tahu bahwa dengan membaca sejarah juga di jelaskan bahwa tari pendet berasal dari pulau dewata Bali yang biasanya di mainkan oleh para gadis cantik , bukan dari malaysia , seperti sekarang yang sedang ramai menjadi topik berita di televisi bahwa ada usah klaim dari orang malaysia yang mengakuisisi dan mengesankan bahwa tarian pendet adalah milik malaysia.
tari pendet gadis baliTari pendet malaysia, batik malaysia, keris malaysia,wayang kulit malaysia dan lainnya memang sudah lama menjadi bahan perbincangan, dan kebenarannya akan berita itu juga menurut saya masih buram, karena tidak adanya penjelasan secara formal dari pihak pemerintah indonesia yang menjelaskan permasalahan tersebut, apakah benar ada usaha pihak negara malaysia untuk mengakui beberapa kebudayaan indonesia seperti tentang masalah "tari pendet malaysia" itu, atau masih gosip aja, karena seperti kita tahu yang namanya berita di televisi, koran, maupun internet belum bisa dijadikan acuan akan kebenarannya.

Bahkan ada banyolan yang mengatakan "bukan cuma tari pendet ,tapi semua di akui milik malaysia, cuma noordin m top yang tak di akui malaysia", kekeke... makanya kontes mengembalikan jati diri bangsa itu supaya menggugah kita akan kepedulian pada kultur budaya milik bangsa indonesia.

Sejarah Tari Pendet
Pada awal tahun jutuh puluhan tari pendet di ciptakan oleh seniman I Nyoman Kaler, tari ini adalah tari pemujaan yang sering di peragakan di pura, tujuan dan makna tarian pendet adalah sebagai penyambutan kepada para dewa dan dewi yang turun dari langit ke alam marcapada ini, dan pada perkembangan selanjutnya para seniman Bali membuat tari pendet sebagai tarian untuk penyambutan tamu sebagai simbol ucapan selamat datang kepada para tamu , yaitu terutama para wisatawan yang datang ke pulau dewata itu.

Jadi istilah "tari pendet malaysia" adalah hal yang lucu, karena itu awalnya merupakan bentuk ritual keagamaan hindu masyarakat bali.

Bay the way... saiiia.. tak terlalu meng-apresiasi masalah tari pendet malaysia atau apapun yang berhubungan dengan kontradiksi indonesia-malaysia ....gue ga peduli dengan masalah itu ,karena dari dulu yang saya tau lebih banyak provokator-nya utk hal-hal spt itu
Indonesia Malaysia pelecehan hanyalah suara jelek dari orang buruk.... seperti yang saya tulis disini :Indonesia Malaysia pelecehan hanyalah suara jelek dari orang buruk

Seperti yang di katakan Mas Arswendo, "budaya kita seperti Tari pendet ini ibarat seorang isteri...cantik, manis,..tapi kurang dirawat dan di perhatikan...tapi saat di colek orang lain , marah.. " , gitu kali yeee...hehe

3 comments:

i love malaysia said...

ala,ini kan salah faham jer...jangan la menolak kebenaran hanya kerana keegoan..kami orang malaysia sendiri tidak mengaku tarian ini milik kami.Ia langsung tidak menggambarkan masyarakat kami,budaya berkemban bukan budaya kami..

Anonymous said...

Orang indon memang mudah terprovokasi...sedangkan kita diMalaysia tak pernah tahu pun tentang tari pendet...mereka hanya bermain dengan emosi sendiri..Malaysia pun tak ingin nak tuntut tarian yang tak pakai baju..tarian2 Malaysia jauh lebih cantik dan sopan.

Aku tak hairan kerana pemikiran orang indon cetek...berita oleh media mereka pun tidak terangkan yang sebenar bahawa tarian itu dibuat oleh Discovery Channel documentary. Yang mereka bilang ialah Malaysia klaim tarian tersebut. Media mereka ditulis oleh orang orang yang bodoh.

Memang akal orang indon pendek, sependek tarian pendek.

Anonymous said...

setuju dengan master free-7. saya cinta indonesia. tapi sangat menyayangkan bahwa kebanyakan dari kita gampang di dipermainkan provokator
artikel yang bagus,bijak,dan tegas master, pas untuk dicerna :)